Membangun Karakter Kepemimpinan Melalui Kegiatan LDKO

                        Membangun Karakter Kepemimpinan Melalui Kegiatan LDKO

                  Menjadi pemimpin tentulah bukanlah hal yang mudah. Sebagai upaya untuk membangkitkan karakter kepemimpinan SMP Islam PB. Soedirman Bekasi 1 melaksanakan kegiatan LDKO (Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS) tahun 2023-2024.  Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal pada tanggal 17-19 Februari 2023 ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh bidang kesiswaan.

                  Tujuan kegiatan ini tentu saja untuk menyambung tali estafet dari kepengurusan OSIS yang lama dengan yang baru. Selain itu juga sebagai sarana mengaktualisasi potensi siswa dalam hal kepemimpinan (leadership) dan kedisiplinan dalam rangka menyiapkan mereka agar menjadi pribadi yang berakhlaq mulia, mandiri, tangguh dan demokratis.

                  Sebelum pemberangkatn, peserta LDKO menerima arahan terlebih dahulu dari kepala sekolah, Bapak Ahmad Hilaludin S.Ag, M.Pd. Setelah itu, peserta LDKO menaiki trontonnya masing-masing dan memulai perjalanan ke Camp Bumi Citeko, Puncak Bogor

                  Sesampainya di sana, peserta beristirahat sebentar kemudian melanjutkan materi tentang pengenalan program sekolah yang melibatkan OSIS oleh Bapak Hadi Nurhadi, S.Pd, materi leadership oleh Bapak Jebel Firdaus, M.E, dan saat malam hari mereka berdiskusi menyusun program tiap bidangnya.

                  Di hari kedua diawali dengan senam bersama yang dipimpin oleh bidang olahraga, setelah olahraga dan bersih-bersih peserta LDKO mendapat materi public speaking oleh Bapak Ustaz Jebel Firdaus,S.E , materi administrasi oleh ibu Aina Cahya Dewi, materi PBB oleh Bapak Fakhri Muhammad S.Or dan Ibu Aina Cahya Dewi, S.Pd, materi adab oleh Bapak Ahmad Ahmad Hilaludin S.Ag, M.Pd. Kemudian kegiatan ditutup dengan outbound.

                  Tiba pada hari terakhir, peserta LDKO mengawali hari mereka dengan memasak bersama untuk sarapan, setelah selesai sarapan peserta LDKO bersih-bersih dan melakukan pemaparan program yang dilanjutkan dengan penutupan dan tanda tangan komitmen.

                  Alhamdulillah segala rangkaian kegiatan telah dilakukan. Para peserta LDKO banyak mendapatkan pengalaman dan pembelajaran yang berharga. Semoga para peserta LDKO dapat mengemban amanah dengan baik dan menjadi anggota OSIS yang mampu menebarkan manfaat untuk sekitarnya. Aamiin.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *