Pramuka Sistem Blok SMP Islam PB. Soedirman Bekasi

Pramuka Sistem Blok SMP Islam PB. Soedirman Bekasi

Pramuka Sistem Blok adalah pola kegiatan ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan yang diselenggarakan setahun sekali, di mana Sistem Blok ini bersifat wajib dan diselenggarakan setahun sekali, berlaku bagi seluruh peserta didik, terjadwal, dan diberikan penilaian umum.

Tujuan kegiatan ini adalah pengenalan pendidikan kepramukaan yang menyenangkan dan menantang kepada seluruh peserta didik. Selain itu juga berfungsi untuk mendukung perkembangan personal peserta didik melalui perluasan minat, pengembangan potensi siswa, dan memberikan kesempatan kepada siswa dalam pembentukan karakter serta pelatihan kepemimpinan.

SMP Islam PB. Soedirman Bekasi mengadakan kegiatan pramuka sistem blok pada tanggal 6 Maret 2023, kegiatan tersebut diketuai oleh Kak Burhanudin S.Kom selaku pembina pramuka. Kegiatan pramuka diawali dengan apel pembuka yang dipimpin oleh Ka Hadi Nurhadi, S.Pd dan dihadiri oleh Kwarcab Ka Adi Yudistira dan Ka Erin Pransitha.

Setelah apel selesai, peserta mengecek  barang bawaan dan sarapan bersama. Kemudian, mereka pun menuju pos-pos untuk menerima materi. Pos 1 materi PBB bersama  Ka Novi dan Ka Barkah, Pos 2 materi Hasta Karya bersama  Ka Fikri dan Ka Intan, Pos 3 materi Pionering bersama  Ka Yusri dan Ka Beti, Pos 4 materi Sandi Morse bersama Ka Aina dan Ka Nabil. Dalam perjalanan menuju pos-pos para peserta melalui halang rintang yang menguji kekompakan dan kerja keras.

                                                                                    

                                                  

Kegiatan ditutup dengan pengumuman regu terbaik putra dan putri. Regu terbaik putra  kelas 7 diraih oleh Regu Semut dengan total nilai 260, Regu terbaik putri kelas 7 diraih oleh Regu Nusa Indah dengan total nilai 340. Regu terbaik putra kelas 8 diraih oleh Regu Serigala dengan total nilai 320, Regu terbaik putri kelas 8 diraih oleh Regu Matahari dengan total nilai 340.

Semua regu sudah menunjukan usaha terbaiknya. Para peserta pun antusias dalam melaksanakan kegiatan Pramuka Sistem Blok ini. Harapannya dengan diadakan sistem blok ini siswa menjadi tertarik terhadap kegiatan ekstrakurikuler pramuka.

Selain itu juga berfungsi untuk mengembangkan rasa tanggung jawab sosial siswa. Sehingga melalui berbagai pembaharuan pendidikan Kepramukaan, calon-calon pemimpin bangsa yang andal di masa datang dari anggota-anggota pramuka akan bisa diwujudkan. Aamiin

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *