Kenalkan Haji dengan Manasik

Kenalkan Haji dengan Manasik

Salah satu materi dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti tingkat sekolah menengah pertama adalah haji dan umrah. Sebagai penguatan teori yang telah dipelajari, maka perlu dilaksanakan praktik haji dan umroh. Kegiatan manasik haji juga dilakukan oleh siswa-siswi kelas 9  SMP Islam PB. Soedirman 1  Bekasi di Masjid Baitul Mustafa MM 2100 Selasa, 17 Januari 2023. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai pembelajaran sekaligus mengenalkan makna ibadah haji kepada siswa.

Selain itu, melalui manasik haji dapat menumbuhkan dan meningkatkan keinginan peserta didik untuk melaksanakan haji ke tanah suci. Dalam pelaksanaan manasik haji, peserta didik juga dapat merasakan pengalaman nyata haji mulai dari ihram, wuquf, tawaf, sa’i,  dan tahalul. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini siswa-siswi dapat semakin bertambah keimananya dan ingin melaksanakan ibadah haji atau umrah sebenarnya.

Kegiatan ini diawali dengan bimbingan memakai pakaian Ihram oleh Bapak Iwan Setiawan, S.Pd. untuk melaksanakan kegiatan tawaf mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali. Lantunan bacaan Talbiyah Labbaikallah humma Labbaik dikumandangakan serempak seluruh siswa mengelilingi mini Ka’bah. Do’a-do’a setiap putaran dibacakan dengan penuh khusyuk.

Setelah melaksanakan kegiatan tawaf, seluruh siswa-siswi melaksanakan kegiatan sa’i. Do’a sa’i terus dilontarkan diiringi lari-lari kecil pada pilar hijau. Setelah kegiatan Sa’i, seluruh siswa bergerak ke lapangan belakang untuk melaksanakan kegiatan wukuf.

Rangkaian selanjutnya kegiatan Mabit di Mina dan bermalam di Muzdhalifah untuk mencari kerikil sebanyak 21 kerikil disiapkan untuk prosesi lempar jumrah. Seluruh siswa bergerak satu persatu untuk melaksanakan lempar Jumrah Ula, Wustho dan Aqabah. Kegiatan ini ibarat melempar syetan hingga mati. Setelah kegiatan lempar jumrah selesai, seluruh siswa bergerak lagi.

Semoga dengan berakhirnya kegiatan manasik ini dapat memberikan manfaat positif bagi siswa-siswi dan selanjutnya dapat menjadi tamu sebenarnya di rumah Allah.

Aamiin ya Rabbal Alamiin….

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *